Rabu, 24 Oktober 2007

Bab 4 "MNC"


1. Kemampuan apa saja yang membedakan suatu MNC (Multinational Corporate) ?
Jawab : (hal 75)
Kemampuan yang membedakan suatu MNC (Multinational Corporate) adalah sistem yang berusaha meminimumkan ketidakpastian yang ditimbulkan lingkungan.

2. Apakah sumber ketidakpastian MNC ?
Jawab: (hal 75)
Sumber ketidakpastian bagi MNC adalah adanya perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang telah dimiliki oleh organisasi.

3. Bagaimana para eksekutif MNC memberi respon pada ketidakpastian?
Jawab : (hal 75)
Para eksekutif MNC memberi respon pada ketidakpastian dengan adanya MNC
dapat dengan mudah melihat bahwa mereka dapat mengatasi pengaruh- pengaruh lingkungan dengan menggunakan secara baik tekhnologi informasi.

4. Yang mana dari 4 struktur organisasi MNC yang sangat membutuhkan jaringan komunikasi MNC ?
Jawab: (hal 75-76)
Dari 4 struktur organisasi MNC yang paling membutuhkan jaringan komunikasi MNC adalah
Divisi Fungsional Sedunia karena dalam struktur ini, anak - anak perusahaan diorganisasikan menurut jalur - jalur fungsional - manufaktur, pemasaran dan keuangan. Area - area fungsional di anak perusahaan ini melaporkan langsung pada pasangan fungsional mereka di perusahaan induk.

5. Bagaimana seorang spesialis informasi dapat menerapkan teori struktur organisasi dan dimensi-dimensi informasi MNC?
Jawab: (hal 75-76)
Mereka mengklasifikasikan MNC menurut divisi fungsional sedunia (worldwide functional divisions), divisi international (international divisions), wilayah geografis (geographic regions), atau divisi produk sedunia (worldwide product divisions).

6. Satu kata apakah yang menggambarkan kunci mencapai keunggulan kompetitif bagi MNC?
Jawab: (hal 76)
Kata yang menggambarkan kunci mencapai keunggulan kompetitif bagi MNC adalah koordinasi.

7.Strategi bisnis global yang mana yang paling menarik bagi eksekutif yang menyukai pengendalian terpusat?Yang mana yang paling tidak menarik?
Jawab: (hal 77-79)
Strategi bisnis global yang menarik yaitu dengan strategi global karena strategi global mengumpulkan pengendalian diperusahaan induk. Perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan diseluruh dunia dengan produk - produk standar. Produk untuk seluruh pasar dunia diproduksi secara sentral dan dikirimkan pada anak - anak perusahaan. Dan yang paling tidak menarik yaitu strategi transnasional karena sistem pengendalian sangat rumit.

8. Strategi bisnis yang mana yang membutuhkan suatu tim pengembang multinasional ?
Jawab: (hal 77)
Strategi Multinasional

9. Apakah Sistem Informasi global berbeda dari CBIS? Jelaskan !
Jawab: (hal 79 dan 14)
Ya berbeda, sistem informasi global adalah sistem dari jaringan2 yg melintasi batas2 negara. Sedangkan CBIS adalah Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer yang merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.

10. Apakah hubungan GDB (penggerak bisnis global) dengan rencana strategi sumber daya MNC?
Jawab : (hal 79)
Penggerak bisnis global berfokus pada entitas bisnis yang luas, seperti pemasok, pelanggan, &produk dan menguraikan informasi yang diperlukan tiap entitas tersebut. Setelah terbentuk, penggerak bisnis global menjadi dasar bagi rencana strategi sumber daya informasi perusahaan

11. Apakah semua MNC dalam suatu industri diarahkan oleh penggerak bisnis global yang sama? Jelaskan!
Jawab: (hal 80)
Tidak semua MNC suatu industri diarahkan oleh penggerak bisnis global yang sama. Penggerak suatu MNC dipengaruhi oleh jenis industri, negara tempat beroperasi, karakteristik MNC itu sendiri, bahkan unit bisnis dalam perusahaan tersebut.

12. Bagaimana pemerintah nasional dari anak perusahaan menciptakan masalah teknologi bagi MNC?
Jawab: (hal 81-82)
MNC sering diganggu masalah-masalah yang berkaitan dengan tingkat teknologi yang ada di Negara tempat anak perusahaan. Di beberapa negara, tidak tersedianya cukup sumber energi, yang menyebabkan seringnya pemadaman listrik. Sirkuit telekomunikasi hanya dapat mengirim data dengan kecepatan rendah, dengan kualitas transmisi yang buruk. Perangkat lunak juga dapat menjadi masalah. Karena banyak negara yang tidak menghormati hak cipta perangkat lunak dan membiarkan pasar gelap perangkat lunak.

13. Mengapa anda perlu mengevaluasi situasi pemasok lokal di anak perusahaan sebelum menentukan perangkat keras dan perangkat lunak apa yang akan digunakan ?
Jawab: (hal 83)
Situasi pemasok lokal di anak perusahaan harus dievaluasi sebelum menentukan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan karena ketersediaan penjual akan mempengaruhi spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak.

14. Mana yang lebih penting dalam mencapai standardisasi di seluruh MNC- data atau proses?
Jawab: (hal 83)
Kunci untuk mencapai standardisasi dalam operasi lebih ditentukan oleh data daripada proses.

Tidak ada komentar: