Rabu, 31 Oktober 2007

Bab 2

1. Apa yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya?
Jawab:
Yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya adalah sumber dayanya.
Sumber daya disini maksudnya adalah sumber daya intern dan ekstern perusahaan.

2. Apa sajakah delapan elemen lingkungan ?
Jawab:
Pemasok ; menyediakan material, mesin, jasa dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasanya.
Pelanggan ; barang jasa ini dipasarkan kepada para pelanggan perusahaan, yang mencakup pemakai saat ini dan calon pemakai.
Serikat Pekerja ; organisasi bagi tenaga kerja terampil maupun tenaga tidak terampil.
Masyarakat keuangan ; terdiri dari lembaga-lembaga yang mempengaruhi sumber daya uang yang tersedia bagi perusahaan.
Contohnya meliputi bank dan lembaga peminjaman lainnya, serta perusahaan- perusahaan investasi.
Pemegang saham atau pemilik ; orang-orang yang menanamkan modal di perusahaan dan mewakili tingkat manajemen tertinggi.
Pesaing ; mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan dipasaran.
Pemerintah ; pada tingkat pusat, daerah, dan local, memberikan batasan-batasan dalam bentuk undang-undang dan peraturan, tetapi juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi dan dana.
Masyarakat global ; wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan operasinya. Perusahaan menunjukkan tanggung jawabnya pada masyarakat global dengan memperhatikan lingkungan alam, menyediakan produk dan jasa yang meningkatkan kualitas hidup dan beroperasi secara etis.

3. Apakah marjin itu, dan apa hubungannya dengan keunggulan kompetitif?
Jawab:
Margin adalah nilai produk dan jasa perusahaan, seperti yang diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi biaya-biayanya.
Suatu perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif dengan memproduksi suatu margin yang lebih besar daripada pesaingnya.

4. Apa saja aktivitas nilai utama Porter? Apa saja aktivitas nilai pendukungnya?
Jawab:
• Aktivitas nilai utama (primary value activities) adalah aktivitas yang berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar kepada pelanggan daripada yang dilakukan pesaing. Nilai dapat dihasilkan dengan menyerahkan produk dan jasa ke pelanggan serta dengan menyediakan dukungan setelah penjualan.
Aktivitas utama:
Ø
Aktivitas manufaktur
ü
Aktivitas penjualan
ü
• Aktivitas nilai pendukung (support value activities) adalah aktivitas yang menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung.
Aktivitas pendukung:Ø
Departemen hubungan pemegang saham
ü
Kelompok riset pemasaran
ü
Departemen akuntansi
ü

5. Apakah rantai nilai itu?
Jawab:
Rantai nilai terdiri atas aktivitas nilai utama dan aktivitas nilai pendukung yang diintegrasikan oleh beberapa kaitan. Aktivitas nilai utama mencakup logistic masuk yang memperoleh bahan baku dan pasokan dari pemasok, operasi perusahaan itu yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi, logistic keluar yang mengangkut barang ke pelanggan, operasi pemasaran dan penjualan yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan mendapatkan pesanan, serta kegiatan pelayanan yang memelihara hubungan baik dengan pelanggan setelah penjualan. Aktivitas nilai pendukung mencakup infrastruktur perusahaan - pengaturan organisasional yang mempengauhi semua aktivitas utama secara umum. Selain itu ada tiga aktivitas yang dapat mempengaruhi aktivitas utama secara sendiri-sendiri atau dalam kombinasi tertentu. Manajemen sumber daya manusia terdiri dari semua aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan personil perusahaan, termasuk fungsi-fungsi yang dilaksanakan para manajer dan peran yang mereka mainkan. Pengembangan teknologi mencakup semua aktivitas yang melibatakan teknologi, termasuk penerapan teknologi tersebut secara efektif. Pengembangan system informasi berbasis computer adalah contohnya. Pemerolehan (procurement) berhubungan dengan aktivitas mendapatkan sumber daya seperti material dan mesin yang digunakan oleh aktivitas-aktivitas utama. Departemen pembelian perusahaan melaksanakan banyak aktivitas perolehan ini.

6. Apakah sistem nilai ?
Jawab:
Sistem Nilai adalah sistem yang dibentuk oleh para manajer agar mencapai keunggulan kompetitif tambahan dengan mengaitkan rantai nilai mereka dengan rantai nilai pemasok, para anggota saluran dan pelanggan.

7. Daftarkan 7 jenis sumber daya informasi. Berikan tanda bintang pada sumber daya yang selalu ditempatkan dalam jasa informasi !
Jawab:
1. Perangkat keras komputer
2. Perangkat lunak computer
3. Spesalis informasi
4. Pemakai
5. Fasilitas
6. Database *
7. Informasi *

8. Dapatkah seorang manajer menjadi seorang CIO, walaupun ia tidak memiliki gelar itu ? jelaskan alasan anda.
Jawab:
Dapat, karena konsep CIO mengakui manajer jasa informasi sebagai seorang eksekutif sumber daya informasi yang terletak diluar jasa informasi yang dikelolah oleh para manajer area pemakai. Dan semua manajer harus membuat rencana, dan eksekutif terlibat dalam perencanaan srategis jangka panjang.

9. Dapatkah kesarjanaan dalam administrasi bisnis membantu seorang CIO? Jelaskan!
Jawab:
Iya, dapat. Karena melalui seorang CIO yang memiliki gelar/kesarjanaan dalam administrasi bisnis maka setidak-tidaknya ia telah memiliki ilmu/pengetahuan yang mendukung bisnisnya. Hal tersebut merupakan sumber daya informasi yang dibutuhkan olehnya, dalam hal pertimbangan serta pengambilan keputusan kerja CIO tersebut dengan pekerjaannya.

10. Apakah manajemen informasi menjadi bertambah atau berkurang rumit selama decade terakhir ? Jelaskan!
Jawab:
Bertambah, karena pada 10 thn pertama era computer, semua sumber daya informasi ditempatkan terpusat di dalam unit jasa informasi perusahaan. Mulai dari pemasangan terminal keyboard di pertengahan tahun 1960-an, berlanjut dengan pnyebaran computer mikro di tahun 1980-an. Semakin banyak perangkat keras ditempatkan di luar unit jasa informasi. Semakin banyak sumber daya informasi yang di peroleh seluruh perusahaan, maka tugas manajemen sumber daya informasi menjadi lebih rumit.

11. Sebutkan satu kelemahan utama dari transformasi kumpulan strategi?
Jawab:
Kelemahan utama dari transformasi kumpulan strategi adalah kenyataan bahwa area – area fungsional tidak selalu memiliki sumber daya untuk menjamin tercapainya tujuan strategis perusahaan.

12. Apakah dua elemen yang harus disertakan dalam suatu rencana strategis sumber daya informasi?
Jawab:
• Input
• Output

13. Apa sajakah empat kelompok pemakai terakhir?
Jawab:
• PEMAKAI AKHIR TINGKAT MENU (MENU-LEVELEND USERS)
Sebagian pemakai akhir tidak mampu menciptakan perangkat lunak mereka sendiri, tetapi dapat berkominikasi dengan perangkat lunak jadi(prewritten software) dengan menggunakan menu-menu seperti yang ditampilkan oleh perangkat lunak berbasisWindows dan Mac.
• PEMAKAI AKHIR TINGKAT PERINTAH (COMMAND-LEVEL END USERS)
Sebagaian pemaki akhir memiliki kemampuan mengunakan perangkat lunak jadi yang lebih dari sekedar memilih menu. Para pemakai akhir ini dapat menggunakan bahasa perintah dari perangkat lunak untuk melaksanakan operasi aritmatika dan logika pada data.Contohnya, Pemakai Microsoft Exel dapat menggunakan perintah- perintah khusus untuk menyelesaikan proses yang tidak mungkin dilakukan melalui penggunaan menu.
• PEMAKAI AKHIR TINGKAT PERINTAH (END USERS PROGRAMMERS)
Sebagian pemakai akhir dapat menggunakan bahasa bahasa pemrograman seperti HTML, Visual Basis, atau Javascript, dann mereka dapat menggembangkan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri.
• PERSONAL PENDUKUNG FUNGSIONAL(FUNCTIONAL SUPPORT PERSONNEL)
Di sejumlah perusahaan spesialis informasi adalah anggota dari unit-unit fungsional, bukannya unit jasa informasi. Personil pendukung fungsional ini adalah spesialis informasi dalam arti sesungguhnya, terutama mereka berdedikasi pada area pemakai tertentu dan melapor pada manajer unit bisnis mereka.

14. Apakah manfaat utama EUC ? Apakah resiko utamanya ? Bagaimana resiko ini dapat dikurangi ?
Jawab:
EUC memberikan manfaat bagi perusahaan dalam 2 cara utama :
1. EUC menyeimbangkan kemampuan pemgembang dgn tantangan system.
2. EUC menghilangkan atau mengurangi kesenjangan komunikasi antara pemakai dan spesalis informasi.
Resiko utama EUC, yaitu :
• Sistem yg buruk sasarannya
• Sistem yg buruk rancangan dan dokumentasinya
• Penggunaan sumber daya informasi yg tidak efisien
• Hilangnya integritas data
• Hilangnya keamanan
• Hilangnya pengendalian
Resiko tersebut dapat dikurangi dengan cara menyeimbangkan kemampuan dan tantangan yaitu :
Pemindahan beban kerja dgn cara membebaskan para spesialis utk berkonsentrasi pada system yg rumit sehingga mereka dapat bekerja lebih baik pada area- area organisasi tersebut.
Dengan mengurangi kesenjangan komunikasi yaitu : kesulitan komunikasi antara pemakai dan para spesialis yg menganggu pengembangan system komputer. Pemakai mengerti area permasalahan tetapi tidak mengerti teknologi computer sedangkan spesialis adalah pakar yang mengerti teknologi computer tetapi ia tdk mengerti area permasalahan

15. Bagaimana suatu penelitian pada bagan organisasi perusahaan dapat memberikan petunjuk bahwa perusahaan sedang berusaha mencapai IRM?
Jawab:
Pada saat kondisi-kondisi IRM / bagan organisasai perusahaan yang diperlukan tersebut tidak berada terpisah tetapi bekerja sama secara terkoordinasi antara tingkat-tingkat manajemen.

16. Jika manajer puncak dalam area jasa informasi memiliki gelar CIO, apakah ini berarti bahwa perusahaan mempraktekkan IRM? Jelaskan
Jawab:
Iya, karena CIO merupakan manajer jasa informasi yang menyumbangkan keahlian manajerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumbar daya informasi tetapi juga berbagai area lain dari operasi perusahaan. Di mana CIO adalah bagian dari IRM.sumber daya informasi perusahaan mencakup lebih dari sekedar informasi. Sumber daya tersebut mencakup pula perangkat keras, fasilitas, perangkat lunak, data, para spesialis informasi dan pemakai .sumber daya yang ditempatkan dalam jasa informasi dikelolah oleh CIO. Konsep CIO mengakui manajer jasa informasi sebagai seorang eksekutif sumber daya informasi yang terletak di luar jasa informasi dikelola oleh para manajer area pemakai.

17. Ditempatkan dimanakah sumber daya informasi yang merupakan subyek dari rencana strategis sumber daya informasi?
Jawab:
Ditempatkan pada manajemen tingkat atas untuk menentukan strategi-strategi dalam pencapaian tujuan dan rencana strategi sumber daya informasi merinci bagaimana area-area tersebut akan mendukung perusahaan pada saat perusahaan bekerja menuju tujuan strategisnya.

Tidak ada komentar: