Rabu, 31 Oktober 2007

Bab 1

1.Daftarkan langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola sumber daya fisik.
Jawab:
Sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan. Dimana sering dalam proses penyusunan dilakukan suatu proses perubahan seperti pelatihan pegawai.
Setelah disusun, sumber daya ini dimaksimalkan penggunaannya. Dimana diminimalkan waktu yang terbuang dan menjaga agar berfungsi pada efisiensi puncak.
Dan mengganti sumber daya ini pada saat masa kritis. Dimana penggantian dilakukan sebelum sumber daya usang atau menjadi tidak efisien.

2.Daftarkanlah langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola informasi.
Jawab:
Memperoleh informasi. Memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna.
Menggunakannya seefektif mungkin. Memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan.
Membuangnya pada saat yang tepat. Membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang mutakhir dan akurat.

3.Aplikasi computer apakah yang pertama menyadari kebutuhan manajer?
Jawab: Aplikasi yang menggunakan computer sebagai suatu sistem informasi manajemen(SIM),karena para manajer memerlukan informasi untuk pemecahan masalah.

4.Apa saja tiga golongan pemakai komputer?
Jawab:
*Manajer
*Non-manajer
*Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan

5. Apa saja tiga tingkat Manajemen?
Jawab:
a. Tingkat Perencanaan Strategis
b. Tingkat Pengendalian Manajemen
c. Tingkat Pengendalian Operasional

6. Apakah perbedaan antara area bisnis dengan fungsi manajemen?
Jawab:
Area bisnis merupakan tempat berbagai sumber daya dipisahkan menurut pekerjaan yang dilakukan. Sedangkan Fungsi manajemen merupakan peranan yang harus dilakukan oleh manajemen seperti planning, organize, menyusun staf, direct, dan control.

7. Apa saja tiga kelompok peran manajerial yang Mintzberg nyatakan?
Jawab :
a. Peran Antar Pribadi (Interpersonal Roles)
- Figurehead Manajer melaksanakan tugas-tugas seremonial, seperti mendampingi pejabat yang berkunjung meninjau fasilitas.
- Leader Manajer memelihara unit dengan mempekerjakan dan melatih staf serta menyediakan motivasi dan dorongan.
- Liaison Manajer menjalin hubungan dengan orang-orang diluar unit manajer tersebut. rekan kerja dan lainnya dilingkungannya dengan tujuan menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
b. Peran Informasi (Informational Roles)
- Monitor Manajer secara tetap mencari informasi mengenai kinerja unit. indera manajermengamati aktivitas intern unit dan lingkungannya
- Disseminator Manajer meneruskan informasi yang berharga kepada orang lain di dalamunitnya.
- Spokesperson Manajer meneruskan informasi yang berharga kepada orang-orangdiluar unit-pimpinan dan orang-orang dilingkungannya.
c. Peran Keputusan (Decisional Roles)
- Entrepreneur Manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen pada unit,seperti mengubah struktur organisasi
- Disturbance handler Manajer bereaksi pada kejadian tidak terduga, seperti devaluasi dolar di negara asing yang menjadi tempat operasi perusahaannya
- Resource Allocator Manajer mengendalikan pengeluaran unitnya, menentukan unit bawahan mana yang mendapatkan sumber daya
- Negatiator Manajer menengahi perselisihan baik didalam unitnya maupun antara unit dan lingkungannya.

8. Buku ini menyebutkan dua keahlian dasar yang harus dimiliki seorang manajer. Apakah itu?
Jawab :
a. Keahlian Komunikasi
Manajer menerima dan mengirimkan informasi dalam bentuk lisan atau tulisan
b. Keahlian Pemecahan Masalah
Semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan

9. Jelaskan perbedaan antara pemecahan masalah dan pengambilan keputusan ?
Jawab:
Kita mendefinisikan pemecahan masalah (problem solving) sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan.
Masalah biasanya dianggap sebagai sesuatu yang selalu buruk, karena sangat sedikit yang menganggap masalah sebagai sesuatu untuk meraih kesempatan. Kita menyatukan usaha meraih kesempatan kedalam pemecahan masalah dengan mendefinisikan masalah secara negatif sebagai suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya atau mungkin membahayakan suatu perusahaan, atau secara negatif sebagai sesuatu yang menguntungkan atau mungkin menguntungkan. Hasil dari aktivitas pemecahan masalah adalah solusi.
Selama proses pemecahan masalah, manajer terlibat dalam pengambilan keputusan (decision making), yaitu tindakan memilih dari berbagai alternatif tindakan. Keputusan adalah suatu tindakan tertentu yang telah dipilih. Umumnya proses memecahkan suatu permasalahan tunggal memerlukan banyak keputusan.

10.Suatu iklan alat pencukur dengan pisau ganda yang dapat diganti menyatakan dirinya sebagai suatu system mencukur.Apakah alat pencukur tersebut benar-benar suatu system?Apa saja elemen-elemen nya?
Jawab :
Iya, Alat pencukur tersebut merupakan suatu system.Elemen-elemennya yaitu: Sumber daya input adalah pisau,yang diubah menjadi barang jadi atau alat pencukur dengan melalui proses
Mekanisme pengendaliannya adalah pisau ganda yang dapat diganti,Tujuannya adalah sasaran yang ingin dicapai yaitu mencukur lebih mudah dan cepat.

11. Daftarkan elemen-elemen yang terdapat dalam suatu sistem lingkaran tertutup. Berikan tanda bintang disebelah elemen - elemen yang juga terdapat dalam suatu sistem lingkaran terbuka?
Jawab:
elemen-elemen yang terdapat dalam suatu sistem lingkaran tertutup adalah :
a. elemen tujuan
b. elemen mekanisme pengendalian
c. elemen lingkaran umpan balik
sedangkan elemen-elemen yang terdapat dalam sistem lingkaran terbuka adalah :
a. elemen input*
b. elemen transformasi*
c. elemen output

12. Dapatkah anda menyebutkan suatu perusahaan yang tidak mengubah input menjadi output? Jika ada, jelaskan.
Jawab:
Tidak ada, karena pada prinsipnya sebuah perusahaan apapun jenis usaha dan badan hukumnya mengubah sebuah input berupa data-data tentang hasil penjualan/kegiatan uasahanya yang diolah untuk menjadi sebuah output atau informasi berupa laporan yang berisi tentang keuntungan sehingga perusahaan tersebut mengetahui bagaimana perkembangan perusahaan tersebut.

13. Apakah mekanisme pengendalian dari suatu perusahaan?
Jawab :
Mekanisme pengendaliannya adalah manajemen perusahaan,tujuannya adalah sasaran-sasaran yang ingin dicapai perusahaan dan lingkaran umpan baliknya adalah arus informasi kepada manajemen maupun dari manajemen.

Tidak ada komentar: